Senin, 09 April 2012

Pikiran mempengaruhi kondisi kesehatan

Dalam energi medicine Dr. Herbert spencer dari universitas harvard mengatakan bahwa jiwa dan tubuh saling melengkapi. Ia juga mengatakan bahwa lebih dari 90% penyakit tubuh disebabkan oleh jiwa. Inilah yang disebut dengan psycho-somatic disease. Istilah ini berasal dari kata psycho yang berarti jiwa dan somo yang berarti tubuh. Maksudnya, jiwa (psycho) berpikir dan mempengaruhi tubuh (somo).
Pada masa kecil dulu saya pernah menonton film arabyang mengisahkan seorang ayah sedang marah besar karena ulah anaknya. Tiba-tiba ia berteriak sembari memegang dada. Ia menjatuhkan diri ke tanah berkali-kali ia berkata, “ jantungku....jantungku...” tak lama kemudian ia pingsan dan akhirnya dibawa kerumah sakit. Disana dilakukan bedah jantung, dan ia menghembuskan nafas terakhir. Ingatkah anda akan peristiwa semcam ini ?
Ini memang hanya film. Tetpai jika kita melihatnya secara ilmiah, kita akan tahu bahwa pikiran yang ada dalam benak kita akan meluas dan menyebar. Otak akan membuka file-file yang menguatkan pada kita. Dengan demikian pikiran berpengaruh pada eksperesi wajah dan seluruh anggota tubuh bagian luar atau bagian dalam.
Pada 1986, salah satu fakultas kedokteran di san fransisco menambahkan dalam sebuah penelitian tentang dialog dengan jiwa. Menurut hasil penelitain itu, lebih dari 75% penyakit tubuh berasal dari dialog negatif dengan jiwa. Itulah yang oleh ahli jiwa disebut “sandiwara internal”. Inilah cara orang mengambarkan kehidupan dalam benanknya, termasuk pikiran-pikiran dan susunannya dalam mental. Yang demikian ini menyebabkan banyak penyakit, antara lain serangan jantung, pusing, tekanan darah, melemahkan sistem saraf, dan menurunkan kekebalan tubuh. Bahkan dapat menyebabkan kanker. Dalam sebuah hadis rasulullah bersabda, “jangan kalian pura-pura sakit sehingga benar-benar jatuh sakit.” Hadis ini menegaskan bahwa pikiran bisa menimbulkan penyakit. Jika seseorang selalu pura-pura sakit, lambat laun akan menjadi kenyataan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar